Jumat, 11 September 2009

SISTEM INFORMASI MANAGEMENT

Informasi,.......
satu kata ini memang luar biasa, sangat luas dan beragam, sebagaimana kata angkutan.
tidak semua kata mendapatkan perhatian secara khusus oleh para ahli, kata angkutan menyedot banyak waktu dan biaya untuk melaksanakan hal itu. mulai dari penelitian / riset untuk menciptakan sarana dan prasaranannya. sampai manajemen operasinya. coba perhatikan untuk lancarnya angkutan mudik lebaran, berapa milyar rupiah pemerintah mengalokasikan dana untuk kelancarannya. luar biasa !!!!
Sebagaimana "angkutan" kata"informasi" juga merupakan kata yang tidak kalah menyedot perhatian para ahli dan peneliti, sampai milyaran US dolar dana yang terkonsntrasi untuk mewujudkan lancarnya proses informasi.
Perhatikan saat ini, berapa macam teknologi yang tercipta dari para ahli, dari hasil periset, mulai dari perangkat keras sampai perangkat lunaknya. bahkan diciptakan pula undang-2 untuk melindungi hasil ciptaan tersebut dari para pengguna yang "malas" membeli.
Karena begitu pentingnya informasi, kini SMA Kartika III-1 Banyubiru pun tidak kalah ketinggalan menyiapkan sarana dan prasarana untuk para warga sekolah. dengan sudah "on - line" nya internet dan jaringan komputer di sekolah, serta di-manajemen sedemikian rupa di harapkan para siswa dapat dengan mudah mencari "informasi" yang mereka butuhkan. Begitu juga para guru, menjadi semakin inovatif....... (harapannya)......
Management informasi yang sudaj dan akan kmi terapkan lebih lanjut tentu saja informasi yang berkaitan langsung dengan sekolah, Profile sekolah, sistem informasi siswa, guru dan lain sebagainya. Pendek kata, sistem informasi management akan terus kita wujudkan demi terciptanya transparansi pengelolaan sekolah. Meskipun ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, langkah ini sudah dimulai, di awali dengan sistem penilaian online jaringan, harapannya seluruh siswa dapat mengakses "pendapatan" nilainya secara langsung.
Disediakannya akses internet yang bebas dilakukan siswa ( melalui hotspot) kapan saja asal masih dilingkungan sekolah mendorong siswa gemar 'internetan'. bebrapa tugas juga harus dikirimkan melalui internet. Keadaan seperti ini dapat mendorong terciptanya suasana belajar yang berbeda. Sitem Informasi Management, memang harus diupayakan terwujud secara menyeluruh.

1 komentar:

  1. Bagi Keluarga besar SMU PERSIT PALAGAN/SMA KARTIKA IV-1/SMA KARTIKA III-1....kami informasikan bahwa telah dibuat jejaring sosial khusus alumni di face book. Mohon untuk ditindak lanjuti sebagai upaya mempermudah penelusuran alumni sekaligus bisa dijadikan bahan promosi ke depan dan diharapkan bisa membantu almamater. Tks

    BalasHapus